WALKTHROUGH TSUKINO PARADISE PART 4

Hai haaii, pembaca semua~
Penjelasan-penjelasan seputar game Tsukipara akan berakhir di post keempat ini ^^  Oke, langsung cus aja~

13.  Dorama Menu
Menu ketiga belas ada menu drama. Di menu ini kalian bisa simak cerita Six Gravity, Procellarum, SolidS, Alive (Growth dan Soara), dan Altair (masih coming soon). Kalau kalian mainin dramanya, kalian bisa dapat CG dan lagu baru buat live nanti. Terus pada akhir dramanya bersambung, kalian bakal dikasih 5 Tsukino jewel gratis!! Tapi Cuma dapat sekali doang lho, kalo berkali-kali keenakan ya wkwk. Tentu saja doramanya pakai bahasa Jepang, tapi jangan khawatir! Karena teknologi sudah maju di zaman modern ini, kalian bisa pakai google translate. Aku juga suka pakai google translate kalau ada kanji yang aku ga tahu. Berikut tampilan menu drama.


14.  Others Menu
Menu terakhir adalah menu lainnya. Di menu ini terdiri dari banyaknya menu-menu lain. Berikut penampilannya.


Disamping menu-menunya sudah aku beri huruf-huruf biar aku gampang jelasinnya. Oke, langsung saja~

A.    Profile Menu

Di menu ini kalian bisa lihat karakter kalian dan edit-edit bajunya dan lain-lain. Jangan lupa karakter kalian kelinci ya hehe. Berikut tampilannya.


Di gambar atas sudah kuberi panah-panah dan tentu akan kujelaskan tombol-tombol yang diberi panah-panah itu. Panah hijau untuk melihat sekaligus untuk ganti kartumu. Panah hitam untuk mengganti namamu. Panah merah untuk edit tanggal lahirmu (aduh, tanggal ultahku ketauan deh XD). Panah ungu untuk edit komentar profilmu. Panah cokelat untuk lihat kartu teman-temanmu. Panah kuning untuk mengganti baju serta aksesoris karaktermu.
B.    Option (Settings) Menu
Di menu ini kalian bisa atur-atur volume lagu saat konser, volume bgm, volume suara notes saat live, dan lain-lain.
C.     Items Menu
Di menu ini kalian bisa lihat seluruh items yang sudah kalian dapatkan.
D.     Shop Menu
Sudah jelas dari namanya, di menu ini kalian bisa beli AP dan Tsukino jewel.
E.    Mission Menu
Menu misi ini sama persis seperti menu misi yang ada di home, jadi aku ga perlu jelasin lagi.
F.     Request Menu
Menu request ini juga persis seperti yang ada di home, jadi ga perlu aku jelasin lagi ya.
G.      Friends Menu

Disini kalian bisa lihat kelinci-kelinci yang sudah menjadi temanmu. Berikut tampilannya.


Di gambar atas sudah ada tombol-tombol yang aku beri bulatan. Bulatan hitam adalah tombol untuk lihat orang-orang yang kasih kita friend request. Bulatan merah untuk lihat orang-orang yang kita add tapi masih pending, alias blum di accept maupun reject sama mereka. Bulatan hijau untuk lihat ID kita sekaligus untuk add friends by ID. Bulatan ungu adalah shortcut adalah request menu. Request menunya sama seperti yang ada di menu home~


Gambar diatas adalah tampilan dari menu untuk lihat orang yang kasih kita friend request. Kalau kalian ingin accept, tinggal klik tombol yang aku kasih bulatan merah. Kalau mau reject, klik tombol yang aku beri bulatan hitam.


Gambar diatas adalah tampilan dari menu untuk lihat orang-orang yang kita add tapi masih pending.


Gambar diatas adalah tampilan untuk lihat ID kalian. Yap, 871370589 adalah IDku. Jangan lupa add aku ya~ Biar lebih mesra *slap* Kalau kalian mou copy ID kalian, kalian bisa klik tombol yang berwarna hijau yang ada disebelah kanan ID kalian. Lalu kalau mau add friends by ID, kalian cukup masukan ID teman kalian kedalam kotak dibawah ID kalian, lalu enter dengan menekan tombol berwarna kuning.
H.   Gallery Menu
Di menu ini kamu bisa lihat koleksi CG dan kartu yang sudah kalian dapatkan.
I.     Unit’s Profile Menu
Ini juga salah satu menu favoritku, karena kalian bisa lihat profil-profil member Six Gravity, Procellarum, SolidS, Alive (Growth dan Soara), dan Altair. Disamping itu, kalian juga bisa denger suara para membernya, Q&A, dan lain-lain. Berikut adalah tampilan menunya.

J.    Transfer ID Menu
Ini merupakan salah satu menu yang penting banget banget banget. Kenapa? Karena kalau kalian mau ganti ponsel, pasti gamau dong kalau progress game kalian ngulang dari awal lagi, makanya kalian bisa gunakan menu ini. Caranya kalian hanya perlu memasukan ID dan password kalian waktu pertama kali buat akun. Masih inget kan passwordnya? Memang waktu main game ini password tidak digunakan, tapi ternyata password penting banget lho. Untungnya aku selalu tulis passwordku di notes.


Masukan ID kalian di kolom yang atas, lalu password kalian di tombol yang bawah ya. Kalau sudah, tekan tombol kuning untuk enter.
K.    Terms of Service Menu
Sudah jelas dari namanya, ini adalah menu persyaratan pelayanan.

L.     Help Menu
Sudah jelas dari namanya, menu ini bisa kalian gunakan kalau ada sesuatu tentang game ini yang masih belum kalian mengerti. Jujur aku jarang pakai menu ini karena bahasanya full Jepang, jadi kalau ada yang aku gatau, I just play it with flow, nanti kalau udah lama-lama main juga bakalan tau sendiri ehehe. Makanya jangan malas-malas untuk coba discover tombol-tombolnya ya biar tahu kegunaannya, kalau ada kanji yang susah pakai google translate :3

Oke, sekarang kita balik lagi ke menu home~

15.      Rank
Ini akan menunjukan rank kita saat ini. Btw aku udah rank 29 lho //gaada yang nanya juga ya. Cara naikin rank gampang! Kalian hanya tinggal live terus aja hehe.
16.      AP
Ini bakalan menunjukan AP yang saat ini sedang kita miliki. Seperti yang sudah kubilang diatas, AP berguna untuk kamu konser. Jangan khawatir bakalan abis, kalian bisa beli AP di shop menu, membeli AP pakai Tsukino jewel, tukar pakai Tsukiusaman yang kalian dapatkan kalau menyelesaikan misi, atau menunggu 10 menit. Kalau kamu klik tombol “+” di kolom AP, nanti bakal ada pilihan untuk beli pakai Tsukino jewel (pilihan yang disebelah kiri) atau tukar pakai Tsukiusaman (pilihan yang sebelah kanan).
17.      Tsukino Jewel
            Ini akan menunjukan Tsukino jewel yang kita punya saat ini.
18.      Clock and Battery
Ini akan menunjukan jam dan berapa sisa baterai ponsel kita. Jam yang tertera berdasarkan waktu di Jepang ya.

Yush, itu adalah menu-menu dan tombol-tombol basic yang bakalan berguna untuk main game ini. Semoga post ini berguna bagi kalian yang baru mainin game ini dan juga untuk kalian yang minat sama game ini tapi ragu main karena pakai bahasa Jepang. Ga nyesel main game ini karena seru dan artisnya ganteng-ganteng. Semenjak main game ini, aku makin sayang sama Tsukino Pro haha. Tapi jangan sampai kecanduan ya, harus bisa kontrol diri main gamenya. Jangan gara-gara game ini, kalian jadi malas belajar, dan lain-lain. Aku main game ini kalau lagi mood aja, tapi tentunya aku login tiap hari biar dapat login bonus wkwk.

 Ohiya, aku mau berbagi kebahagiaan nih. Aku baru aja dapet kartunya bunny Hajime. Seneng deh akhirnya kesampean juga punya kartu bunny Shun dan Hajime uhuk otepe uhuk. LOOK AT HIS BEAUTIFUL SHOULDER!!



Nah, kalau masih ada yang kalian kurang ngerti atau kurang jelas atau mau nambahin, kalian bisa komentar di post ini ^^

Thx for reading and visiting!

See you guys next post,

ARyou


Sumber gambar: Game Tsukino Paradise

Komentar

  1. Ada miss huruf-huruf di sub menu yg Others Menu tuh, diperbaiki yaa~
    And thanks for making this walkthrough, it's easier to read in Indonesian tbh hahaha
    Cheers, I'll add ur ID latter~

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas feedbacknya >w<
      Akan kami perbaiki sesegera mungkin. Ditunggu kehadiranmu di artikel selanjutnya.
      -Narin-

      Hapus
  2. Maaf boleh nanya? Kalau udah punya akun di game itu, bisa log in ga? Misalnya, kita ganti hp dan gamenya di instal. Apa bisa log in lagi?

    BalasHapus
  3. Mau nanya, kalau tiba2 ada lagu di list yang sudah kita punya itu tiba2 menghilang itu kenapa ya ? Soalnya aku baru beli lagu nya Growth One Day, setelah complete mainnya sampai ke Expert mode, tiba2 kayak ada pemberitahuan gitu, trus disambungkan ke internet. Kayak disuruh upgrade gitu. Nah, pas udah ku upgrade game-nya, pas login lagi lagunya menghilang. Padahal itu lagu favorit aku >////< Bisa kasih tau caranya mengembalikan lagi lagu yg menghilang itu ? Khan sayang banget udah beli lagunya, tapi tiba2 gak ada di list lagu live nya.

    BalasHapus
  4. Hai, terimakasih buat pembahasan tentang tsukipara ini. Sanagat membantu banget! Aku baru aja download game ini setelah tau ternyata tsukino production punya rhythm game >< aku inget dulu waktu aku pertama kali download tsukipara, app-nya bukan seperti rhythm game, entah aku salah download atau gimana._. jadi gini setelah aku baca artikel kamu, kamu bilang untuk transfer data diperlukan ID dan password. Tapi seingetku, waktu pertama kali masuk game ini, usa yang ngasih tutorial nggak nyuruh aku untuk set password. Apa aku melawati tutorial ini? terus kalau skrg aku mau set passwordku gimana? semoga kamu baca komentarku ini ya >< meskipun artikel ini udah satu tahun yang lalu^^;

    BalasHapus
  5. tanya nihhhhhhh.....aku pemula nih,jadi masalahnya,keetika abis main easy-normal-hard-expert kan ada di kasih gem tuh....nah,pas balik ke main page buat confirm itu berapa gem yg di dapat,kenapa amlah berubah jadi permata saja atau kaca pembesar,bukannya gem itu ????

    BalasHapus
  6. Kak. Aku udah pernah satu kali kehilangan akun Tsukipara ku gara2* ganti Hp. Skrg aku lagi pake akun kedua, sebenernya udah syg bgt sama akun kedua ini, tapi aku mau install ulang Hp takut hilang akunnya.
    Aku udah pernah coba verif in, bela2in bolak balik google translate buat verif in akun, tapi ttp aja gabisa.
    Lagian dari awal ga ada tutorial buat verif akun. Pas baru buat akun, gaada tulisan apapun yg mengharuskan verif in akun. Gimana ini.

    BalasHapus

Posting Komentar