Yuk Kunjungi Fushimi Inari Taisha!



Jika kamu jalan-jalan ke Kyoto, jangan sampe kelupaan ngunjungin Fushimi Inari Taisha!
Kuil yang satu ini adalah salah satu destinasi wisata yang paling terkenal di Kyoto, kota di Jepang yang unsur budaya dan sejarahnya masih begitu melekat!

Jika kamu menonton anime atau membaca manga Inari Kon Kon Koi Iroha, pasti kamu juga sudah tidak asing dengan kuil ini hehe ()

Manga Inari Kon Kon Koi Iroha


Oh ya, “Taisha” itu sendiri artinya “shrine” atau “kuil”. Jadi kalau cari di internet, jangan ketik “Kuil Fushimi Inari Taisha” atau “Fushimi Inari Taisha Shrine” ya. Itu nggak efektif soalnya /plak

Fushimi Inari Taisha ini adalah salah satu shrine terpenting yang didedikasikan untuk Dewa Padi (Inari) sesuai kepercayaan orang Jepang, Shinto. Shrine ini terkenal dengan ribuan gate (tori) berwarna merah kejinggaan yang berjajar rapi di balik bangunan utama. Di tiap gate tersebut, tertulis nama-nama orang atau perusahaan yang ikut menyumbang dalam pembangunan Fushimi Inari Taisha. Pintu-pintu tersebut menyambung ke Inari Mount yang dikenal keramat dan suci oleh penduduk setempat.

Selain itu, kalian juga bisa melihat berbagai prosesi keagamaaan, yang sering diadakan di sana. Jika kalian tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, kalian bisa mengunjungi website www.inari.jp dan di website tersebut, telah disediakan dalam bahasa Jepang, Inggris, Cina, dan Korea. Jadi kamu nggak perlu khawatir kalau belom jago bahasa Jepang hehe

Shrine ini dibuka tiap hari, sepanjang hari, dan gratis! Siapa sih yang gamau jalan-jalan dengan gratis? Cocok banget nih buat yang backpacker, eh tapi yang non-backpacker juga boleh kok :D

Rui udah pernah ke sana loh hehe~
 

 
Percaya ato nggak, naikin tangga di Fushimi Inari Taisha ini bikin tepar setepar-teparnya… Panjang banget dan beberapa tangganya ada yang nanjak. Tapi tiap berapa jarak, selalu ada perhentian kuil-kuil kecil dan beberapa orang suka berdoa di sana. Tiap kuil itu punya nama masing-masing, tapi Rui ga peratiin namanya ><

Peta perjalanan Fushimi Inari Taisha yang sangaaaat panjang. Liatnya aja udah mabok duluan :”D


Bisa kita lihat di peta tersebut, tiap beberapa jarak ada beberapa kuil kecil. Selain itu, ada juga tempat perhentian untuk beristirahat sejenak. Kita bisa menikmati beberapa makanan, dessert, dan minuman.
Jika kalian sampai di perhentian tersebut, jangan lupa untuk mencoba makanan khas Fushimi Inari Taisha, yaitu Inarizushi ya!

Inarizushi adalah jenis Sushi di mana nasi dimasukan ke dalam kantung tahu goreng. Rasanya ada yang pedas dan ada yang tidak. Sesuai dengan selera kamu aja. Waktu Rui makan di sana, yang punya tempat makannya itu nenek-nenek. Rasanya enak banget, beda ama yang Rui suka makan di restoran Jepang pada umumnya. Mungkin karena buatan seorang nenek, cita rasanya jadi enak hehe


Simple, tapi enak hehe


Kebanyakan orang-orang memilih untuk berhenti di tengah jalan saja karena rute menuju ke atas sangat sangaaat melelahkan. Yang terpenting, mereka sudah lihat bagaimana gate itu berbaris rapi menghiasi kuil.
 
Tapi Rui sendirian berhasil nyampe atas guys (/ ^w^)/ Cuma di atas situ hanya ada kuil yang paling besar saja, nggak ada pemandangan :”D


Kalau mau mengunjungi kuil ini, kalian dapat berkunjung ke alamat 68 Yabunouchi-cho, Fukakusa Fushimi-ku, Kyoto 612-0882, telepon: (075) 6417331.

Akses termudah ke sana adalah menggunakan JR. Nara Line menuju Inari Station. Kuil Fushimi Inari terletak sekitar 3 menit jika berjalan kaki melalui stasiun tersebut.


Rute jalan kaki dari Inari Station ke Fushimi Inari Shrine
Sumber: Google Map


Yuk segera kunjungi Fushimi Inari Shrine! Jalan-jalan ke Kyoto belom kerasa banget kalo belom ngunjungin kuil ini! Hehehe ( ^w^)


***Rui***

Komentar